Rabu, Juni 25, 2008

Penentuan jenis pakan.

Lobster air tawar (lat) bersifat omnivora yaitu jenis biota pemakan segala jenis makanan yang ada didalam perairan terutama untuk hidup didasar perairan (demersal). Di habitat alaminya jenis makanan yang dikomsumsi oleh lat sangat bervariasi mulai dari tanaman dan hewan air yang berukuran kecil. Sifatnya yang rakus pada jenis makanan yang dijumpainya membuat lat punya sifat kanibalisme yaitu memangsa lat lainnya dalam kondisi lemah atau sudah mati.
Didalam kegiatan budidaya lat jenis pakan yang diberikan/disediakan antara lain:
  1. Pakan alami, yaitu jenis pakan yang tumbuh dengan sendirinya atau sengaja ditumbuhkan didalam kolam/lahan dan mempunyai sifat seperti di habitat alaminya. (antara lain: slada air, eceng gondok, plankton)
  2. Pakan buatan, yaitu pakan lat yang dibuat pada skala industri dengan komposisi nutrisi dan gizi yang sesuai dengan kebutuhan lat dan diberikan untuk menyuplai makanan pada wadah/lahan dengan tingkat ketersediaan pakan alaminya menipis/habis. (antara lain: pellet)
  3. Pakan segar, yaitu pakan yang berasal dari hewan/biota perairan yang telah diolah sedemikian rupa dan diberikan dalam keadaan masih segar kepada lat dengan tujuan memperbaiki kualitas dan kondisi lat dan atau untuk meningkatkan nafsu makan lat yang terindikasi terkena masalah tertentu. (antara lain: keong mas, ikan, cacing tanah)
  4. Pakan tambahan lainnya, yaitu pakan yang bersifat sebagai suplemen dari pakan buatan dan dapat diberikan secara campuran dengan pakan buatan maupun terpisah dengan tujuan mengisi kekurangan nutrisi tertentu pada pakan buatan. (antara lain: kecambah, umbi"an)
Dalam penerapannya ke empat jenis pakan tsb diatas biasa diberikan pada lat di kolam/wadah lainnya.