Rabu, Juli 02, 2008

Sumber air.

Air Tanah.
Lebih dari 98% dari semua air didaratan tersembunyi dibawah permukaan tanah dalam pori-pori batuan dan bahan-bahan butiran. 2% sisanya terlihat sebagai air disungai, danau dan reservoir. setengah dari 2% ini disimpan di reservoir buatan. 98% dari air dibawah permukaan disebut air tanah dan digambarkan sebagai air yang terdapat pada bahan yang jenuh dibawah muka air tanah. 2% sisanya adalah kelembaban tanah. ("lablink.or.id").
Air tanah merupakan sumber air yang banyak digunakan untuk budidaya Lobster air tawar. Penggunaan air tanah ini sebaiknya dilakukan pengujian terlebih dulu untuk memastikan tak adanya kandungan senyawa kimia karena kandungan zat air yang tak sesuai dengan ambang budidaya lobster air tawar dapat merugikan. ("budidayalobsterairtawar.com")

Air Sungai.
Air hujan yang jatuh ke bumi, sebagian menguap kembali menjadi air di udara, sebagian masuk ke dalam tanah, sebagian lagi mengalir di permukaan. Aliran air dipermukaan ini kemudian akan berkumpul mengalir ke tempat yang lebih rendah dan membentuk sungai yang kemudian mengalir ke laut. ("lablink.or.id").
Air sungai umumnya digunakan oleh peternak pembesaran yang membutuhkan suplai air cukup banyak dalam pengisian kolam yang luas. Penggunaan air sungai ini sebaiknya melihat kebersihan daripada sungai tsb. Limbah industri dan rumah tangga dapat meracuni lobster air tawar serta penggunaan pestisida pada tanaman sekitar sungai.("budidayalosbterairtawar.com")

Air PAM.
Air PAM banyak digunakan oleh peternak pembenihan terutama pada lokasi yang sulit mendapatkan air berkualitas baik. Air PAM yang akan digunakan harus di aerasi dan atau di endapkan selama 24 jam untuk menghilangkan kandungan kaporitnya. Kaporit dapat dihilangkan dengan menggunakan filter kimia seperti batu zeolit, karbon aktif dan atau ditampung pada tandon air yang telah diberi aerator sehingga ada sirkulasi air. Untuk bahan filter memiliki masa aktif yang berbeda, sehingga perlu dilakukan pencucian dan penggantian secara berkala. ("budidayalosbterairtawar.com")