Rabu, Juli 02, 2008

Tandon air.

Air merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mendukung budidaya lobster air tawar. Secara teknis, kualitas perairan yang baik dapat menjadi faktor keberhasilan proses budidaya dalam suatu periode. Salah satu aspek sistem pengelolaan air adalah sirkulasi air yaitu pergantian air pada wadah yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas air agar sesuai dengan kebutuhan lobster air tawar. Sebagai upaya untuk mendapatkan masukan air yang dapat terkontrol kualitasnya, maka dalam suatu budidaya lobster air tawar secara teknis sebaiknya disedikan sebuah tandon air. Pengertian tandon air secara sederhana dapat diartikan sebagai tempat penampungan air yang akan digunakan sebagai sumber masukan air ke dalam wadah. Air dari tandon yang akan digunakan dalam sirkulasi air tidak secara langsung dimasukan ke dalam wadah, tapi terlebih dulu diproses pada tandon tsb.
Tandon air mempunyai arti penting bagi pengelolaan kualitas air, antara lain :
  • Tandon air sebagai pengontrol kualitas air dari sumber pemasukan (air tanah, air PAM, sungai).
  • Tandon air dapat berfungsi sebagai sumber bibit plankton pada wadah.
  • Pada kondisi tertentu tandon air secara ekonomis dapat menghasilkan nilai tambah bagi kegiatan budidaya, karena biasanya dalam tandon air juga berkembang biota air yang memiliki nilai ekonomis.
Dari uraian diatas bahwa tandon air secara tidak langsung berfungsi sebagai filter terhadap permasalahan yang mungkin disebabkan karena jeleknya kualitas air yang berasal dari perairan umum (air PAM, sungai).